selamat datang

menu

Senin, 13 Januari 2014

Maulid Nabi Muhammad SAW

maulid nabi muhammad SAW
Maulid Nabi Muhammad SAW, lebih sering disebut sebagai Maulid Nabi atau Maulud di Indonesia, merupakan hari besar Islam untuk merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal dalam kalender Islam. Indonesia dan beberapa negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam memperingati Maulid Nabi sebagai hari libur nasional.
Tanggal Perayaan Maulid Nabi

Maulid Nabi di Indonesia dirayakan pada tanggal 12 Rabi’ul Awal dalam penanggalan Hijriyah atau kalender Islam. Oleh sebab itu, tanggal perayaan Maulid Nabi dalam kalender Masehi terus berubah dari tahun ke tahun.

Kapan Maulid Nabi 2013 di Indonesia?
Maulid Nabi 2013 di Indonesia jatuh pada hari Kamis, 24 Januari 2013.

Kapan Maulid Nabi 2014 di Indonesia?
Maulid Nabi 2014 di Indonesia jatuh pada hari Selasa, 14 Januari 2014.
Perayaan Maulid Nabi 2014 di Indonesia

Di Indonesia, Maulid Nabi sebagai hari libur nasional dan dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hampir seluruh instansi pemerintah, kantor swasta, dan sekolah tutup saat Maulid Nabi, namun sebagian besar pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran tetap buka seperti biasa.

Perayaan Maulid Nabi di Indonesia dilakukan dengan cara menggelar acara keagamaan seperti menyelenggarakan pengajian, lomba Adzan, kompetisi membaca Al-Qur’an, ceramah agama, serta pertunjukan Qasidah. Acara Maulidan tersebut biasanya diselenggarakan di masjid ataupun tempat luas yang dekat dengan lingkungan rumah oleh kelompok-kelompok masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam penanggalan Jawa, bulan Rabi’ul Awal dalam kalender Hijriyah disebut sebagai bulan Mulud. Sebagian umat Islam di pulau Jawa mengadakan acara Muludan untuk merayakan Maulid Nabi dengan menyelenggarakan pertunjukan-pertunjukan keagamaan serta pertunjukan tradisional seperti permainan gamelan Sekaten.

Selamat Merayakan Maulid Nabi 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar