selamat datang

menu

Senin, 30 Juni 2014

Keutamaan sholat Tarawih



Keutamaan Tarawih

Shalat Tarawih adalah shalat yang dikerjakan di malam hari setelah shalat Isya di bulan Ramadhan yang dapat dikerjakan secara sendiri-sendiri ataupun berjama'ah. Waktu pelaksanaannya adalah setelah pelaksanaan shalat Isya sampai sebelum terbit fajar subuh.
Shalat Tarawih hukumnya sunnah muakkadah, sunnah yang diutamakan.

Tidak hanya melakukan shalat Tarawih, pada malam-malam selama bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk melakukan shalat-shalat sunnah lainnya, juga melakukan segala kebaikan. Walaupun di bulan-bulan lainnya juga kita dianjurkan melakukan amal shalih, berbeda dengan bulan Ramadhan, karena selama bulan Ramadhan ini segala pahala kebaikan dilipatgandakan.

Seluruh ulama sepakat menyatakan bahwa shalat tarawih hukumnya sunnah, bahkan menurut Hanafiyah, Hanabilah dan beberapa Malikiyah hukumnya sunnah muakkadah (ditekankan). Hukum itu mencakup laki-laki dan perempuan.

Shalat tarawih termasuk salah satu syiar agama Islam. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan puasa Ramadan dan aku menyunnahkan bangun (shalat di malam hari)nya.” Abu Hurairah berkata, “Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan shalat tarawih tanpa memaksa.” Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bangun pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Ramadhan memang bulan yang istimewa. Dimanapun dan bagaimanapun kondisi kita ketika Ramadhan tiba tentu tidak akan mengurangi nilai Ramadhan itu sendiri. Bulan yang dinanti-nanti kedatangannya dan ditangisi kepergiannya ini tentu akan selalu meninggalkan kesan dan hikmah tersendiri, meskipun kadang kita harus menjalaninya jauh dari sanak keluarga. Bagaimana dengan Anda? Selamat menunaikan ibadah puasa.

Niat Melaksanakan Shalat Tarawih








Semoga Allah Ta’ala memberikan Taufiq dan pertolongan-Nya kepada kita semua untuk dapat istiqomah dalam melaksanakan sholat Tarawih dan ibadah lainnya di bulan Romadhon dan di bulan-bulan setelahnya. Amiin. 


Referensi dari berbagai tulisan baik itu media cetak maupun media elektronik. jadwal tarawih keliling Sahrul Riyadi,Serta isi khutbah tarawih hari kedua di masjid agung bandung. Tulisan ini dimaksudkan untuk sharing motivasi, inspirasi, dan bermanfaat menambah cakrawala ketahuidan kita kepada Tuhan Yang maha esa  sehingga kita bisa hidup lebih baik. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kata, terima kasih
Silahkan untuk di copy dan di bagikan kepada sahabat lainya.. dan jangan lupa cantumkan link kami
Masjid Raya Bandung juni 30th,2014 Copyrighted.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar